10 Skincare Terbaik Buat Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau Sang Dermatovenereologist (terkini Tahun 2022)

Kerusakan skin barrier bisa dialami oleh seluruh orang, baik remaja juga orang dewasa. Skin barrier yg rusak bisa memicu timbulnya majemuk masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare buat memperbaiki skin barrier yg rusak.

Sepuluh rekomendasi produk menurut aneka macam merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, pula telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan buat kulit berminyak, kering, sampai normal. Produk lokal yg rupawan serta harganya murah pula terdapat, lho. Baca jua komentar dari dokter spesialis kulit & kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!Pembaharuan terakhir: 04 April 2022

Profil ahli: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI & acapkali mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional buat menaikkan kompetensi.

Saat ini dr. Galih berpraktek pada RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, & Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, & sebagainya. Beliau jua aktif membuat konten edukasi pada akun Instagram-nya.

Apa yang Mengganggu skin barrier?

Skin barrier merupakan lapisan yg terletak pada stratum corneum atau bagian terluar berdasarkan kulit. Sesuai namanya, skin barrier berfungsi buat melindungi kulit dari majemuk gangguan eksternal, dan mempertahankan kadar air pada kulit.

Meski mempunyai kiprah penting bagi kesehatan kulit, banyak orang yg justru abai terhadap kesehatan skin barrier. Ya, mungkin Anda nir menyadari bahwa ada beberapa norma sehari-hari yang bisa menciptakan skin barrier rusak. Berikut merupakan beberapa contohnya.Terlalu usang berada di bawah paparan sinar matahari.Cuaca yg terlalu kering atau terlalu lembap.Penggunaan produk kecantikan yg mengandung bahan iritan, alergen, atau polutan.Melakukan pencucian paras atau eksfoliasi yg hiperbola.Kurang tidur dan terlalu banyak pikiran (stres).

Saat skin barrier telah rusak, majemuk perkara kulit akan bermunculan, misalnya jerawat, radang, hingga gatal. Kulit jua akan lebih sensitif, kering, dan mudah mengelupas. Akibatnya, kulit jadi terasa kasar waktu disentuh.

Anda tentu nir ingin mengalami hal tadi, bukan? Lantaran itu, sebaiknya segera gunakan skincare buat memperbaiki skin barrier waktu tanda-tanda kerusakannya mulai ada. Kami akan membahas cara pemilihan skincare-nya secara lebih mendetail di bawah ini. Mari disimak!

Dokter seorang ahli kulit dan kelamin

Selain yang disebutkan diatas, penggunaan cream kecantikan ataupun tindakan perawatan paras juga bisa menimbulkan kerusakan skin barrier. Kebiasaan mandi atau berendam menggunakan air panas terlalu usang juga dapat mengakibatkan kerusakan skin barrier.

Berkolaborasi dengan ahli: Cara memilih skincare buat memperbaiki skin barrier

Ada empat poin primer yg harus Anda perhatikan saat memilih skincare buat memperbaiki skin barrier yang rusak. Harap perhatikan menggunakan akurat supaya Anda nir melakukan kesalahan saat membeli produk.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Poin pertama yang wajibAnda lakukan adalah memastikan kecocokannya dengan jenis kulit. Karena jenis kulit setiap orang nir sama, kebutuhannya pun pasti berbeda. Untuk menghindari terjadinya iritasi yang justru mampu memperburuk syarat skin barrier, pilihlah skincare sinkron dengan jenis kulit Anda.

apabila Anda mempunyai jenis kulit berminyak, produksi sebum sudah dipastikan relatif tinggi. Supaya skincare nir menambah beban pada skin barrier, disarankan buat menggunakan produk dengan tekstur yang ringan. Dengan begitu, skincare akan cepat meresap dan nir meninggalkan rasa lengket di kulit.

Sebaliknya, bagi pemilik kulit kemarau, skincare yang memiliki kemampuan melembapkan serta mengunci kelembapan lebih disarankan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kondisi skin barrier. Berbeda lagi buat kulit sensitif, skincare menggunakan kandungan bahan alami lebih dianjurkan demi meminimalkan potensi terjadi iritasi.

Dokter spesialis kulit dan kelamin

Penggunaan produk skin barrier terutama pada kulit sensitif atau kulit dengan riwayat atopik pula harus sahih. Gunakan lotion pelembap segera sehabis mandi dan dipakai dengan jumlah yg cukup. Pengolesan lotion yang terlalu tipis nir akan mendapatkan output yg optimal.

Perhatikan bahan kandungan pada dalamnya

Supaya syarat skin barrier cepat membaik, Anda perlu memakai skincare dengan kandungan bahan aktif spesifik. Anda tentu tidak ingin pemakaian skincare sia-sia dampak ketiadaan kandungan yang bermanfaat bagi skin barrier, bukan? Jadi, perhatikan penerangan kami pada bawah ini.

Hidrasi kulit lebih maksimalmenggunakan bahan yg tinggi pelembap

Skin barrier yg rusak biasanya akan membuat kelembapan alami kulit cepat menguap. Akibatnya, kulit sebagai lebih kemarau dan gampang mengelupas. Beragam pertarungan kulit pun akan bermunculan. Oleh karenanya, penting untuk memilih skincare dengan bahan aktif yg bisa mengunci kelembapan kulit, contohnya hyaluronic acid atau glycerin.

Selain itu, pemberianbahan pelembap tambahan pula nir boleh dilupakan, terutama jika kulit Anda sangat kering. Anda sanggup mengaplikasikan skincare dengan kandungan ceramide atau niacinamide buat menerima manfaat ini.

Dokter spesialis kulit & kelamin

Ceramide adalah keliru satu natural moisturising factor yang berfungsi mengisi celah dalam barrier kulit. Dengan demikian, kelembapan kulit bisa terjaga lebih lama. Ceramide pula adalah golongan humektan yg membantu menarik air berdasarkan kelembapan ruang lebih kurang ke dalam kulit sehingga kulit lebih lembap.

Beri nutrisi ekstra dalam kulit menggunakan kandungan minyak nabati

Menurut penelitian, kandungan minyak nabati dalam skincare dapat memberi nutrisi lebih dalam skin barrier. Dengan begitu, kerusakan skin barrier pun akan cepat pulih. Selain itu, beberapa minyak nabati mengandung antioksidan tinggi yang berguna buat menguatkan skin barrier. Contoh kandungan minyak nabati pada skincare merupakan jojoba oil, sunflower oil, marula oil, coconut oil, atau shea butter.

Dokter seorang ahli kulit & kelamin

Penggunaan pelembap dengan minyak botani memang cukup baik lantaran gampang didapat dan harganya nir terlalu mahal. Minyak botani termasuk golongan emolien dan oklusif yang dapat merusak penguapan air pada kulit sebagai akibatnya kulit tetap lembap dan nir kering

Tenangkan radang dengan bahan anti-inflamasi

Kulit yg memerah atau meradang merupakan indikasi skin barrier yang rusak. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-sanggup area tadi malah sebagai lebih sensitif. Sebelum terjadi kerusakan yg lebih parah, segera tenangkan kulit menggunakan skincare yang mengandung bahan anti-inflamasi. Silakan memilih produk-produk menggunakan kandungan Centella asiatica, green tea, calendula, atau Aloe vera.

Dokter spesialis kulit & kelamin

Kerusakan skin barrier dapat dialami sang semua orang, baik remaja juga orang dewasa. Tetapi, syarat kulit & perkara yg dialami setiap orang tentu sangat tidak sinkron. Supaya skincare bisa memberi hasil yg maksimal , pastikan Anda menentukan sinkron strata umur.

Usia remaja hingga 19 tahun: Pilih skincare basic menggunakan formula lembut

Pada usia remaja, kelembapan alami kulit masih terjaga menggunakan baik. Proses regenerasinya pun masih berjalan menggunakan optimal. Tetapi, pada masa ini Anda pasti aktif berkegiatan sebagai akibatnya kulit lebih rentan berminyak dan berjerawat. Terlebih, hormon pubertas seringkali kali merusak syarat skin barrier.

Anda tidak perlu panik & memakai terlalu banyak skincare ketika timbul pertanda kerusakan skin barrier. Cukup gunakan skincare basic misalnya face wash, toner, pelembap, dan sunscreen buat memperbaikinya. Sebisa mungkin, pilihlah jua skincare yang formulanya ringan, dan minim bahan kandungan sebagai akibatnya lebih lembut di kulit.

Dokter spesialis kulit dan kelamin

Usia 20 hingga 30 tahun: Pilih yg mampu menyeimbangkan pH kulit

Related Posts:

Disqus Comments

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

© 2017 uxify.net - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger