5 Penyebab Utama AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya


Penyebab terjadinya AC mobil tidak dingin bisa Anda perhatikan melalui bentuk fisiknya. Jika Anda kerap membersihkan serta merawatnyam tentu Anda akan lebih mudah mengenali ketika AC pada mobil tiba-tiba tidak bekerja dengan semestinya.

Jika Anda menggunakan AC setiap hari, tentu perlu sekali untuk memberikan perawatan khusus. Sama seperti perangkat lain yang membutuhkan perawatan khusus supaya bisa bekerja dengan baik. Perawatan AC paling mudah yaitu dengan melakukan pembersihan perangkat dengan rutin supaya tidak terjadi kerusakan.

5 Penyebab Utama AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1.       AC Jarang Dibersihkan

Perlu untuk diketahui jika debu yang berada di AC bisa menjadi kondisi AC menjadi tidak dingin. Pasalnya, debu yang bersarang tersebut bisa menghambat penyuplaian udara yang ada dalam AC. Jika debu cukup banyak, tentu semakin tidak dingin udara yang dihasilkan oleh AC mobil.

Terkait dengan hal tersebut, sebaiknya selalu lakukan pembersihan pada bagian lubang ventilasi AC dengan rutin, setidaknya seminggu sekali. Dengan rutin melakukan pembersihan, maka AC Anda akan lebih terawat.

2.       Freon Sudah Habis

Memiliki schedule rutin dalam merawat mobil merupakan salah satu langkah mudah untuk menjaga kondisi perangkat. Terkait dengan hal ini, jadwal pengisian Freon juga perlu diperhatikan. Hal tersebut sangat bermanfaat supaya Freon tetap dalam kondisi baik dan Anda selalu nyaman berkendara.

Ketika Anda menyalakan AC dan Anda mendapati bahaka AC kurang bekerja dengan maksimal atau hanya angina saja yang keluar, segeralah ambil tindakan. Jika tidak, pemborosan energy akan terus menerus terjadi. Meka dari itu, penting sekali untuk melihat kondisi Freon mobil.

3.       Coil Mengalami Kerusakan

Adanya kerusakan pada bagian spul magenetic clutch yang putus juga bisa membuat AC mobil menjadi tidak dingin. Bukan hanya ketika putus saja, melainkan ketika coil sudah tidak menyala maka bisa juga menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut dengan menyalakan mobil.

Adanya kerusakan atau matinya bagian ini juga bisa dikenali dengan mudah. Proses menyalakannya juga tidak dibarengi dengan bagian composer yang tidak menyala. Keadaan tersebut sudah menjadi tanda adanya keruskaan pada bagian Coil.

4.       Fan Belt Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya yaitu fan belt putus. Bagian ini menjadi bagian yang menyebabkan AC tidak bisa bekerja dengan maksimal. Terkait dengan hal tersebut, perlu sekali melakukan perawatan ketika mengetahui masalah ini sebelum terjadi kejadian buruk lainnya. Bagian sabuk atau belt memiliki fungsi utama untuk menghubungkan proses putaran yang ada pada bagian mesin menuju arah kompresor.

5.       Radiator Kotor

Debu merupakan pemicu utama radiator menjadi kotor sehungga AC menjadi tidak dingin lagi. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan sistem kerja bagian radiator menjadi menurun dengan drastis. Bukan hanya itu saja, ketika kotoran dibiarkan menumpuk maka bisa menimbulkan perkaratan di bagian mesin AC. Perkaratan ini timbul karena proses pembuangan menjadi tidak maksimal.

Selain itu, ada dampak lain yaitu memaksa menggunakan Freon dalam jumlah berlebihan sehingga kondensor tidak bisa bekerja dengan maksimal. Untuk tetap menjaga kebersihan radiator, sebaiknya lakukan pembersihan dengan benar supaya tetap terjaga.

Itulah beberapa penyebab AC mobil kurang dingin, jika Anda mengalami masalah berlanjut, Anda bisa melakukan perbaikan AC melalui service AC mobil dari supercar.id di alamat resminya https://supercar.id/service-ac-mobil.

Deskripsi : AC mobil tidak dingin merupakan masalah yang cukup serius. Berikut ini kami hadirkan beberapa penyebabnya lengkap dengan solusi terbaik.

Related Posts:

Disqus Comments

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

© 2017 uxify.net - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger